sebaik - baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat untuk yang lainya

Tuesday, March 4, 2014

KERAS, ULET, DAN DISIPLIN ( Karakteristik Tarung Derajat )

15:48 Posted by Unknown No comments


Box, Salam Persaudaraan..!

Pada postingan kali ini saya akan coba mengutip dari sebuah dokumen yang bisa dipertanggung jawabkan dan dari sumber yang dapat dipercaya, tiada lain kali ini saya coba untuk menyampaikan beberapa hal yang sangat mendasar untuk mengenal Seni Bela Diri Tarung Derajat.

Olah raga Tarung Derajat merupakan seni ilmu bela diri karya cipta seorang putera bangsa Indonesia, Guru Haji Achmad Dradjat atau yang lebih dikenal dengan nama julukuan AA BOXER.

Daya cipta olah raga Tarung Derajat adalah merupakan reaksi dan refleksi berbagai tekanan yang menyentuh pada OTOT, OTAK, dan NURANI, seperti tindak kekerasan fisik, penganiayaan, perkelahian, pemerasan, penghinaan dan penguasaan hidup oleh manusia yang tidak bermoral dan tidak bertanggung jawab dalam kehidupan sehari - hari.

Dari renungan pengalaman itu, mencuat pemikiran , perasaan dan keyakinan bahwa pada setiap tindak kekerasan , penganiayaan, perkelahian serta ilmu pembelaan diri ada suatutindak gerakan fisik yang serupa, yaitu MEMUKUL, MENENDANG, MENANGKIS, MEMBANTING, MENGHINDAR,dan lain sebagainya.

Gerakan - gerakan tersebut sesungguhnya adalah hak alamiah yang dimiliki setiap manusia sebagai kelengkapan hidup bawaan lahir yang dianugerahkan  Tuhan Yang Maha Esa kepada segenap mahluk hidup ciptaanya. termasuk NALURI, INSTING, dan GARIZAH ( suatu dorongan kuat yang tidak disadari untuk berbuat sesuatu dalam mempertahankan diri atau bertahan hidup ).

Pikiran, rasa dan keyakinan yang didasari oleh hikmah pengalaman di atas serta karena melekatnya hasil didikan akhlak budi pekerti dan ajaran agama yang  diterapkan kedua orang tua serta tertanam  dan terpelihara sejak masa kecil ( imajinasi ), membangkitkan tekad semangat serta keinginan keras untuk menciptakan pola serta bentuk olah fisik trsendiri, khususnya di dalam mengolah gerakan - gerakan PUKULAN, TENDANGAN, TANGKISAN, HINDARAN, BANTINGAN, KUNCIAN dan gerakan bertahan menyerang lainya yang praktis dan efektif dalam mempertahankan dan menahan diri, dengan mengembangkan gerak - gerak reflek alamiah secara realistis dan rasional ( kreativitas ).

Semua itu dilatih secara KERAS, ULET dan DISIPLIN, dilaksanakan dengan terus menerus dan berkesinambungan, menegakan aturan dan menjalani hukuman latihan yang dibuat sendiri secara konsisten, dinamis dan penuh rasa tanggung jawab dengan segala resiko dan konsekuensinya.

Itulah postingan mengenai sejarah dari karakteristik Gerakan Tarung Derajat. sebagai hasil dari renungan dan perjalan Sang Guru. Semoga postingan ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mengetahui tentang Tarung Derajat, ataupun bagi para penekun dan anggota KODRAT se Indonesia Raya.

BOX.....!

0 comments:

Post a Comment